PEREKONOMIAN TERBUKA

Rabu, 05 Desember 2012

Bab tentang Perekonomian Terbuka ,bab ini membahas tentang perekonomian terbuka, perdagangan internasional dan nilai tukar valuta asing.   
Pertama kita membahas tentang perekonomian terbuka, perekonomianterbukaituadalahperekonomiansuatu Negara yang melakukan perdangan internasional serta memiliki hubungan-hubungan financial dan nonfinansial dengan Negara-negara lain, seperti dalam bidang pendidikan, kebudayaan, dan teknologi.
Dalam perekonomian terbuka perdagangan internasional merupakan salah satu bagian penting untuk mengerakan roda perekonomian Negara tersebut.
-perdagangan internasional itu dalam perdagangan terjadi kegiatan transaksi jual-beli barang dan jasa yang didalamnya melibatkan sejumlah pelaku. Penjual dan pembeli sebagai pelaku biasanya dalam batas wilayah (local) atau wilayah luas dalam suatu Negara (nasional), bahkan antar Negara (internasional).
Teori perdagangan internasional :
-          Teori Merkantilisme
-          Teori Keunggulan Absolut
-          Teori Keunggulan Komparatif
-          Teori factor Komposisi Produksi
-          Teori Siklus Hidup Produk Internasional
-          Teori Perdagangan Baru
-          Teori Similaritas
-          Teori Keunggulan Kompetitif Nasional
-Selanjutnya kita akanmembahas tentang nilai tukar valuta asing (KURS) ,VALUTA ASING ialah alat pembayaran dan alat-alat tukar di luar negeri lainnya ( foreign exchange).
ada 3 sistem kurs, yaitu :
-          Sistem Kurs Tetap ( Fixed Exchange Rate System )
-          Sistem Kurs mengambang Terkendali { Managed Floating Exchange Rate System ( PemerintahMenetapkan Batas Atas& Batas Bawah ) }
-          Sistem Kurs Mengambang Bebas ( Free Floating Exchange Rate System )

0 komentar:

Posting Komentar